Titulo

Menghormati Orang Yang Lebih Tua

Sudah jadi pelajaran moral paling umum, anak-anak muda seharusnya menghormati orang yang lebih tua. Di Indonesia, menghormati orang yang lebih tua menjadi suatu kebiasaan (tata krama) dalam kehidupan sehari- hari yang dilakukan oleh semua masyarakat, baik laki- laki maupun perempuan. Kebiasaan ini merupakan suatu kebiasaan yang baik, karena memang seharusnya orang yang lebih muda menghormati dan menghargai orang yang lebih tua.

Diantara adab yang diajarkan di dalam Islam adalah menghormati orang yang lebih tua. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah mewanti-wanti ummatnya akan pentingnya adab yang satu ini, beliau bersabda:

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا وَيُوَقِّرْ كَبِيرَناَ

"Bukan termasuk golonganku orang yang tidak menyayangi orang muda diantara kami dan tidak menghormati orang yang tua" (HR. At-Tirmidzy, dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Dan hendaklah seorang muslim memiliki perhatian dengan adab ini, dan tidak meremehkannya. Dan hendaknya ia menyadari bahwa orang yang menghormati orang lain terutama orang yang lebih tua darinya, maka pada dasarnya ia menghormati dirinya sendiri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.